Kepala LP3M Undana Kupang dan Ketua BPM Unesa Bahas Teknis Hibah dan Kurikulum OBE
Kepala LP3M Undana Kupang Dr. Ir. Jacob M. Ratu dan Ketua Badan Penjaminan Mutu BPM Unesa), Dr. Widowati Budijastuti membahas kurikulum OBE.
PP
12 Jun 2024 20:16 WITA

Kepala LP3M Undana Kupang dan Ketua BPM Unesa Bahas Teknis Hibah dan Kurikulum OBE

KUPANG, NTTzoom - Kepala Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Undana Kupang Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes dan Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr. Widowati Budijastuti, M.Si, membahas teknis pelaksanaan hibah pendampingan implementasi kurikulum OBE atau Outcome-Based Education Prodi Akreditasi Internasional.

Dalam pertemuan tersebut, turut membahas pendampingan implementasi kurikulum OBE di Undana Kupang baik dengan skema hibah maupun melalui skema pembiayaan mandiri dengan narasumber dari Belmawa dan Unesa. 
Hal ini disampaikan Kepala LP3M Undana, Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Si usai bertemu Ketua BPM Unesa, Rabu 12 Juni 2024.

Dalam diskusi antara Kepala LP3M Undana dan Ketua BPM Unesa disepakati pola pendampingan, jenis dan tahap kegiatan dan luarannya, serta kelas/cluster pendampingan.

Untuk Skema hibah, disepakati pola pendampingan yang dilaksanakan secara daring dan luring.

Materi kegiatannya meliputi beberapa tahap antara lain: 

Pertama, penyusunan Profil Lulusan, CPL/PLO, pemetaan CPL dalam mata kuliah dan penyusunan summary curriculum, dengan luarannya adalah summary curriculum OBE.

Kedua adalah penyusunan penilaian CPL MK, penyusunan portofolio assesmen kurikulum OBE dan presentasi dengan luarannya adalah instrumen penilaian CPL dan portofolio kurikulm OBE.

Ketiga, pengenalan European Standar Guidline (ESG) 2015 dan implementasinya, pelaksanaan pendampingan direncanakan awal Juli hingga Oktober.

“Untuk pendampingan hibah ini diikuti oleh 2 cluster Prodi, yakni Prodi-prodi sains dan  sosial yang penetapannya melalui asesmen kelayakan dari LP3M,” sebut Dr. Jack-sapaan akrab Kepala LP3M Undana.

Untuk skema Pembiayaan Mandiri, khusus untuk 4 Prodi cluster ASIIN yang telah memperoleh conditional akreditation dari ASIIN, dan dilakukan pendampingan untuk mengevaluasi ketersediaan portofolio OBE, instrumen penilaian, bukti hasil penilaian serta implementasinya. (dev/jem/nz*)

Dapatkan sekarang

NTT Zoom, Ringan dan cepat
0 Disukai
Lihat Juga