LP3M Sosialisasi dan FGD MBKM Mandiri Undana Kupang bagi FKIP dan FEB 
Sosialisasi MBKM Mandiri Undana di Aula Gedung FKIP Kamis, 27 Juni 2024. 
PP
29 Jun 2024 22:46 WITA

LP3M Sosialisasi dan FGD MBKM Mandiri Undana Kupang bagi FKIP dan FEB 

Kupang, Nttzoom - Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Undana Kupang melakukan sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) bagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) untuk menyukseskan MBKM Mandiri Undana di Aula Gedung FKIP Kamis, 27 Juni 2024. 

Rencananya, sosialisasi dan FGD bagi semua fakultas ini, sebelumnya telah dilaksanakan bagi Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (FPKP). Selanjutnya akan dilakukan di empat fakultas lain. 

Kegiatan ini dihadiri pimpinan Fakultas, Prodi, dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Gugus Kendali Mutu (GPM) Prodi dari dua fakultas. 

Terlihat hadir, Wakil Dekan I FKIP, Dr. Moses Kopong Tokan, M.Si, Wakil Dekan I FEB, Dr. Rolland E. Fanggidae, MM, Kepala LP3M, Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes, Koordinator Pusat Pembelajaran di Luar Prodi LP3M, Dr. Yuliana Tandi Rubak, S.TP. 

Kepala LP3M, Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes menyampaikan MBKM Mandiri Undana akan dilakukan dalam semester ganjil 2024.  

Skema MBKM Mandiri Undana meliputi Magang, KKN Tematik, Penelitian/riset, kewirausahaan,  dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dengan mengikuti prosedur dan mekanisme MBKM dari DIKTI Kemendikbudristek.

Karena itu, LP3M Undana berupaya untuk menyosialisasikan sekaligus melakukan FGD guna mendapat masukan serta menyamakan persepsi tentang pelaksanaan MBKM, mulai dari proses pendaftaran, pelaksanaan dan evaluasi. 

Ia menyebut, LP3M Undana telah menyusun SOP bagi setiap skema, sehingga dapat membantu Prodi dalam pelaksanaan MBKM mandiri, mulai dari mekanisme pendaftaran, pelaksanaan hingga evaluasi, termasuk bagaimana peran Prodi, Dosen PA dan Dosen Mata Kuliah. Dr. Jack juga menekankan pentingnya konversi nilai oleh Dosen PA, sehingga mahasiswa yang telah menyelesaikan MBKM Mandiri tidak dirugikan.  

Hal ini mengingat MBKM pada prinsipnya bukan memperlambat masa studi mahasiswa, tetapi ingin mempercepat masa studi mahasiswa, tapi tanpa mengabaikan penjaminan mutu. 

Sementara itu, Koordinator Pusat Pembelajaran di Luar Prodi LP3M, Dr. Yuliana Tandi Rubak, S.TP., MP menjelaskan bahwa SOP MBKM, mulai dari SOP Persiapan dan Pencanangan Program KKNTI (Antar Negara Lintas Batas), SOP Magang Kerja dan SOP Kewirausahaan. 

Selain itu, ia juga menjelaskan teknis pelaksanaan proses pendaftaran dan penetapan peserta penelitian/riset, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi MBKM Mandiri Undana. 

Dalam diskusi yang berlangsung 2 jam tersebut, sejumlah masukan yang disampaikan jajaran Fakultas, Prodi, GKM maupun GPM direspons baik oleh pihak LP3M. 

Selanjutnya, sejumlah masukan dan rekomendasi tersebut akan dijadikan acuan untuk pelaksanaan MBKM Mandiri Undana guna memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) jumlah kerja sama dengan mitra maupun IKU Mahasiswa belajar di luar kampus. (dev/jem/nz*)

Dapatkan sekarang

NTT Zoom, Ringan dan cepat
0 Disukai