Anggota DPR RI, BKH Angkat Bicara Soal Seleksi Catar Akpol di Polda NTT 2024 
Anggota DPR-RI, Beny Kabur Harman.
PP
06 Jul 2024 19:44 WITA

Anggota DPR RI, BKH Angkat Bicara Soal Seleksi Catar Akpol di Polda NTT 2024 

Kupang, Nttzoom - Seleksi Calon Taruna(Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Polda NTT TA. 2024 terus menuai kritikan dari masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kritikan-kritikan terhadap institusi Polri khususnya di Polda NTT pada seleksi Catar Akpol Polda NTT TA. 2024 itu bermunculan di berbagai platform media sosial (Medsos). Baik di Facebook(FB) maupun di group WhatsApp (WA). Bahkan ada di Instagram (IG).

Publik menyoroti hasil seleksi tersebut. Pasalnya dari 11 Catar Akpol yang dinyatakan lulus seleksi oleh Panitia Daerah (Panda) Polda NTT itu, hanya dua Catar Akpol asli NTT.

Mereka adalah Mario Christian Bernalo Tafui (Kota Kupang) dan Nurdian Alam Syah (Manggarai Barat). Sementara 9 Catar Akpol lainnya dari luar daerah Provinsi NTT.  

Menanggapi persoalan ini, Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Beny Kabur Harman atau BKH angkat bicara. 

Namun, anggota Komisi III DPR RI itu menyarankan agar lebih baiknya ditanyakan secara langsung kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia(Kapolri), Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. 

Sebagai Wakil Rakyat asal Provinsi NTT di Senayan, BKH tak berkomentar banyak terkait nasib putra-putri asal Provinsi NTT kedepannya dalam seleksi-seleksi berikutnya. Ia hanya menyarankan agar bisa bertanya secara langsung kepada Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si atau Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

“Silahkan tanya langsung ke Kapolri (Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si) atau Kapolda (Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga) saja” Sebut Anggota DPR-RI, Beny Kabur Harman kepada Nttzoom.com, Sabtu (6/7/2024). 

Sebelumnya diberitakan Nttzoom.com pada Jumat, 5 Juli 2024 bahwa sebanyak 11 calon taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) yang dinyatakan lulus terpilih oleh Panitia Daerah (Panda) Polda NTT ternyata empat diantaranya satu kampung dengan Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga. 

Empat orang Catar yakni Arvid Theodore Situmeang, Brian Lee Sebastian Manurung, Timothy Abishai Silitonga dan Madison Juan Raphael Kana Silalahi, disinyalir satu kampung dengan Kapolda NTT yakni daerah Sumatera khususnya Batak. 

Para catar itu akan mengikuti seleksi terakhir di tingkat Markas Besar (Mabes) Polri pada tanggal 7 Juli hingga 1 Agustus 2024 mendatang. 

Kelulusan Catar Akpol itu ditandai dengan sidang tingkat Panda Polda NTT yang dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga di Aula Rupatama Polda NTT pada Rabu, 3 Juli 2024. 

Namun, kelulusan mereka menuai banyak kritikan dari masyarakat Provinsi NTT di media sosia (Facebook) yang diposting akun milik Yanti Mengong di group Forum Kota Kupang. 

Dari postingan itu, banyak warganet yang mengomentari postingan tersebut. Ada yang menyayangkan Polda NTT dikarenakan tidak mengutamakan putera-puteri daerah NTT dalam seleksi Catar Akpol Panda Polda NTT TA 2024. 

“Batak paling banyak kenapa tidak ikut tes di Sumatera Utara sana? kasian, kasih kesempatan putera-puteri NTT untuk jadi pemimpin di daerah sendiri?” Tulis akun milik Zetho Manilang pada kolom komentar tersebut. 

Selain itu, salah satu akun Facebook milik Rista Masu Bitin itu juga turut berkomentar. Ia mendoakan agar kedepannya dalam proses tahapan seleksi ada putera-puteri NTT yang lulus jumlahnya lebih dari satu orang. 

“Semoga kedepannya ada anak-anak asli NTT yang lulus. Kalau kuotanya 9 setidaknya 7 orang anak asli NTT. Ya Tuhan bukakan pintu rezeki keberhasilan bagi anak-anak daerah kami NTT. Amin,” tulisnya. 

Ada juga akun milik Dominggus Djo turut berkomentar. Ia menyebut jika tak heran lagi karena semuanya itu tergantung pada Orang Dalam (Ordal). “SADAR DIRI SA ORDA oooo,” beber akun itu. 

Menanggapi berbagai kritikan dan sentilan tersebut, Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K membantah jika dalam seleksi Catar Akpol Panda Polda NTT TA 2024 tidak ada permainan satupun.

“Untuk pelaksanaan seleksi sangat ketat dan transparan serta diawasi dengan ketat baik dari Polda maupun Mabes dan dari pengawas external, jadi tidak betul apabila dikatakan ada permainan," ujar Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, Jumat (5/7/2024).

Dia mengungkapkan jika semua proses pendaftaran bersifat terbuka sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan. 

Pihak Polda NTT dan Mabes Polri sudah bekerja secara sesuai dengan aturan dan diawasi oleh pengawas eksternal maupun internal. Sehingga, tidak ada satu pun yang namanya ‘titipan’.  

“Pendaftaran Akpol itu bersifat terbuka siapa saja boleh mendaftar asalkan sesuai dengan persyaratan yg sudah ditentukan. Hasil pelaksanaan seleksi sesuai dengan hasil penilaian masing masing peserta seleksi.” ujarnya.   

Berikut ini nama-nama Catar asal Panda Polda NTT TA. 2024

1. Yudhina Nasywa Olivia (Wanita)
2. Arvid Theodore Situmeang
3. Reynold Arjuna Hutabarian
4. Mario Christian Bernalo Tafui
5. Bintang Lijaya
6. Ketut Arya Adityanatha
7. Brian Lee Sebastian Manurung
8. Timothy Abishai Silitonga
9. Mochammad Rizq Sanika Marzuki
10. Madison Juan Raphael Kana Silalahi
11. Lucky Nuralamsyah. (dev/jem/nz)

Dapatkan sekarang

NTT Zoom, Ringan dan cepat
0 Disukai