Bawaslu Kabupaten Kupang Temukan Anggota Pantarlih Masuk Dalam Pengurus Parpol
Bawaslu Kabupaten Kupang telah menemukan anggota Pantarlih masuk dalam daftar pengurusan Parpol.
PP
06 Jul 2024 02:05 WITA

Bawaslu Kabupaten Kupang Temukan Anggota Pantarlih Masuk Dalam Pengurus Parpol

Kupang, Nttzoom -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kupang terus melakukan pengawasan melekat terhadap proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024.

Pengawasan itu dimulai sejak tanggal 24 Juni hingga 5 Juli 2024, Bawaslu Kabupaten Kupang merangkum sejumlah temuan atau pelanggran yang dilakukan oleh Pantarlih, Panwas di tingkat sesa maupun kelurahan.

Bawaslu Kabupaten Kupang telah melayangkan saran perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kupang.

Setidaknya terdapat beberapa kategori temuan yang dikelompokkan yakni terkait pelaksanaan tata cara dan prosedur oleh Pantarlih dan terkait temuan akurasi data pemilih.

Selain itu, terdapat sejumlah Pantarlih yang namanya masuk dalam pengurus Partai Politik (Parpol).

Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang melalui Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (P2H) Bawaslu Kab Kupang, Maria Yulita Sarina kepada Nttzoom.com, Jumat (5/7/2024) malam.

Ita menjelaskan, untuk Pantarlih yang namanya masuk dalam pengurus Parpol itu, pihak Bawaslu Kabupaten Kupang sudah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Kupang untuk mengambil langkah selanjutnya.  

“Ada beberapa Pantarlih yang namanya ada dalam pengurus parpol. Untuk Pantarlih tersebut , Bawaslu sudah berkoordinasi dengan KPU dan langkah yang diambil KPU adalah meminta mereka membuat surat pernyataan yang isinya menyatakan bahwa mereka benar-benar bukan anggota Parpol. Selain itu isi pernyataannya, Pantarlih berkomitmen untuk bekerja secara profesional," ujar Ita. 

Ita juga membeberkan jika beberapa Pantarlih yang namanya masuk dalam kepengurusan Parpol, yakni Partai Nasdem, PAN dan PPP.  

“Mereka (Pantarlih) sudah membuat surat pernyataan dan dikirim KPU Kabupaten Kupang. Nanti saya cek (nama) mereka karena itu ada dalam laporan lengkapnya.  Cukup banyak,” bebernya. (jem/dev/nz)

Dapatkan sekarang

NTT Zoom, Ringan dan cepat
0 Disukai