Ombudsman NTT Terima Banyak Pengaduan Terkait Perilaku Polisi
Kepala Ombudsman Perwakilan NTT Darius Beda Daton berdiskusi santai dengan Kabid Propam Polda NTT
Carlens
05 Aug 2022 18:28 WITA

Ombudsman NTT Terima Banyak Pengaduan Terkait Perilaku Polisi

KUPANG, NTTZOOM-Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton menerima kunjungan Kabid Propam Polda NTT, Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase di lobby kantor Ombudsman NTT, Jumat (5/8).  

Pertemuan santai tersebut berlangsung pukul 7.30 Wita sambil ngopi bareng sebelum olahraga jalan kaki menyusuri jalan El Tari. 

Dalam pertemuan tersebut, Darius Beda Daton menerima informasi perkembangan penanganan Dumas yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran disiplin anggota Polri di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disampaikan melalui Darius secara informal maupun via kantor Ombudsman. 

Darius memang kerap meneruskan komplain masyarakat yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran disiplin Polri kepada Kabid Propam sebagai penegak hukum pelanggaran displin internal Polri dengan harapan agar dilakukan penegakan semata-mata demi meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi Polri.  

Darius sangat gembira atas semua upaya penegakan displin yang sudah dilakukan Kabid Propam Polda NTT bagi anggota yang terbukti bersalah. Bahkan beberapa di antaranya tertangkap tangan tim Propam. 

"Ini menjadi bukti keseriusan Kabid Propam membersihkan anggota yang nakal," ungkapnya. 

Darius yakin penegakan disiplin yang keras tersebut akan berdampak pada perbaikan layanan institusi Polri dan bermuara pada peningkatan kepercayaan publik pada Polri.   

Macam-macam dugaan pelanggaran disiplin anggota yang kerap Darius terima dari masyarakat mulai dari backing judi kupon putih, backing bahan galian golongan C, permintaan uang dalam rekrutmen anggota Polri, jatah proyek di daerah-daerah, menerima uang dalam proses penanganan perkara, menjual minuman keras sitaan. Tentu tidak semua laporan ini benar adanya, karena itu diperlukan pendalaman dan bila terbukti benar agar diberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.  

"Saya berpesan bahwa perubahan belum tentu membawa perbaikan, tetapi dapat dipastikan bahwa untuk menjadi lebih baik, segala sesuatu harus berubah. Mari kita sama-sama berubah. Tetap semangat dan teruslah melayani NTT dengan lebih sungguh. Terima kasih banyak komandan Dominicus atas kunjungan dan diskusi ini. Semoga bermanfaat,” pesan Darius Beda Daton.(*/jem/cd3/nz)

Dapatkan sekarang

NTT Zoom, Ringan dan cepat
0 Disukai